Quick Tips: Slicing grafik dari Photoshop

Ada beberapa teknik yang bisa digunakan dalam proses slicing grafik dari file PSD. Teknik yang paling umum dipakai adalah dengan menggunakan slice tool dan crop tool. Saya sendiri selama ini biasanya memakai teknik crop tool dalam proses slicing sebelum saya menyadari ternyata ada teknik lain yang ternyata jauh lebih mudah dan hasilnya lebih akurat, dengan smart object.

Ada beberapa kelebihan menggunakan teknik smart object daripada dengan crop tool. Yang pertama tentu saja lebih cepat, karena tidak perlu membuat guide, melakukan crop, dan menyembunyikan layer-layer yang lain. Kedua, semua layer effect tidak akan hilang/ikut terpotong (misalnya shadow, glow dan lain-lain).

Sebagai contoh, di bawah ini saya membuat ilustrasi penggunaan teknik crop dan smart object. Coba bandingkan hasilnya.

Menggunakan crop tool

cropping-step-1

Pertama saya harus membuat guide line di sekitar elemen yang akan saya crop untuk memastikan hasilnya akurat dan melakukan cropping sesuai dengan guide

cropping-step-2

Kemudian saya harus menyembunyikan layer background karena saya menginginkan hasilnya adalah grafik PNG transparan

cropping-step-3

Saya tidak menyadari ada layer effect (drop shadow tipis) yang ikut terpotong karena tidak terlihat

Menggunakan Smart Object

smart-object-step-1

Saya cukup memilih layer yang akan saya slice, kemudian klik kanan layer tersebut dan pilih opsi "Convert to Smart Object"

smart-object-step-2

Saya cukup melakukan dobel klik pada layer smart object tadi dan kemudian layer smart object akan terbuka di dokumen baru. Semua layer effect pun tidak ada yang hilang atau terpotong (bandingkan dengan metode crop diatas)

Dari 2 ilustrasi di atas, jelas terbukti bahwa teknik smart object lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan crop tool (saya tidak bisa membandingkan dengan slice tool karena tidak pernah menggunakannya).

Demikianlah tips singkat kali ini, semoga bemanfaat :) .

© 2013 Aris FM. Proudly powered by Middleman & Github