Pembajak Musik Berkelas

Sebagai pecinta musik, saya tergolong agak riwil dalam urusan file musik, terutama MP3. Walaupun sampai sekarang semua koleksi musik saya masih bajakan, tapi saya mempunyai standar tinggi dalam urusan file MP3, saya adalah seorang pembajak musik berkelas. Biar bajakan tapi harus berkualitas™

Syarat pertama dan paling mutlak adalah bit rate-nya harus tinggi, minimal 192 Kb/s, lebih bagus lagi kalau 320 Kb/s. Walaupun banyak yang bilang kalau bit rate 128 Kb/s sudah bagus, tapi bagi kuping saya yang riwil ini 128 masih terlalu jelek. Apalagi kalau didengerin lewat headset, detail dan kejernihan suaranya kurang, kadang treble-nya juga terlalu tinggi sehingga agak nylekit di kuping :P . Tapi, kadang saya masih toleran juga sih dengan 128 Kb/s, toleransi diberikan apabila lagu itu agak susah dicari dan nemunya cuma kualitas segitu. Jadi ya mau gak mau harus nrimo.

Syarat yang kedua adalah file MP3 harus punya ID3 atau metadata lengkap, lebih bagus lagi jika dilengkapi dengan album cover. Bagi sebagian orang, mungkin hal ini gak penting, toh gak ada ID3 juga tetep bisa didengerin lagunya. File mp3 tanpa ID3 (atau ID3-nya berantakan) adalah kejahatan terhadap musik bagi saya :D , apalagi saya tergolong banci scrobbling ke last.fm. Setiap kali men-download lagu, selalu saya cek ID3-nya, minimal harus ada nama artis dan judul lagunya, lebih bagus lagi kalau komplit seperti ini:

passion-pit

Musik dengan ID3 yang kurang lengkap biasanya langsung saya edit. Kalau file-nya cuma dikit bisa langsung dari file properties di Windows 7, untuk bulk edit saya biasanya memakai sebuah program freeware bernama ID3-TagIT. Dengan program ini, kita bisa mengisi ID3 berdasarkan nama file dengan filter yang bisa disesuaikan. Misalnya ada 1 album MP3 dengan nama tiap file seperti ini: “06 – ANDREA CORR – CHAMPAGNE FROM A STRAW”, maka filter-nya akan seperti ini: <nomor trek> - <nama artis> - <judul lagu>. Jadi gak usah capek-capek ngetikin satu-satu.

Karena saya juga pengguna ponsel android dan kadang men-download MP3 langsung dari ponsel, maka saya juga harus membersihkan dan melengkapi ID3 langsung dari ponsel. ID3 editor tersedia cukup banyak di Google Play, tapi yang biasanya saya pakai adalah Mixzing Media Player, pemutar musik sekaligus ID3 editor dan album art grabber.

Dengan koleksi musik yang berkualitas dan memiliki ID3 lengkap (walaupun bajakan), saya merasa ada kepuasan tersendiri ketika menikmatinya. Yeah, seenggaknya kita masih sedikit menghargai karya orang walaupun telah mencurinya.

© 2013 Aris FM. Proudly powered by Middleman & Github